03/11/15

Manfaat dan Bahaya Minum air es

MANFAAT AIR ES BAGI KITA  
   
 1. Segelas Air Dingin saat bangun tidur
  
  Tidur adalah proses istirahat dan pemulihan setelah beraktivitas sehari sebelumnya. sebaiknya kalau anda habis bangun tidur lebih baik anda mengkonsumsi air es karena  bisa menyegarkan tubuh kita dan baik untuk organ kita,memperbarui metabolisme organ, jaringan, dan seluruh sel darah kita loh. makanya lebih baik anda mengkonsumsi air es pada saat bangun tidur. 
 
  2. Mencegah Dehidrasi
  
  air dingin akan meningkatkan kadar air bagi tubuh kita . hal ini akan menambahkan kadar air yang hilang lewat keringat saat ber aktivitas sehari-hari . maka air dingin bisa bisa menghilangkan dehidrasi, karena air dingin akan menyeimbangkan sistem limpa, memaksimalkan cairan dan fungsi tubuh kita dalam kesehariannya, dan memperkuat sistem imun dan juga bisa mencegah infeksi . 
 
  3. Meningkatkan Kinerja
air akan menjadi komponen penting bagi organ kita dan aliran darah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. air dingin akan menyegarkan tubuh kembali di saat kita sudah merasakan cape. hal ini akan meningkatkan vitalitas kinerja seorang serta meningkatkan perfoma.

  4. Mencegah Pusing dan kebingungan
Kekurangan air akan menyebabkan aliran darah ke otak terganggu. seperti anda saat bersekolah mikirin pelajaran atau sedang pelajaran pasti anda akan merasakan pusing dan kebingungan dan lebih baik anda sedikit mengkonsumsi air dalam tubuh kita maka akan mengurangi tingkat metabolisme tubuh.

  5. Ginjal sehat
Sering kita meminum air putih  di pagi hari maka akan membantu meringankan kerja ginjal dan dapat menjaga kesehatan ginjal. aliran organ - organ yang terkait dengan urin akan lancar.

BAHAYA MEMINUM AIR ES

  1. Tubuh menjadi tidak nyaman
     dari dokter menyatakan , pencernaan adalah suatu proses yang membutuhkan panas. untuk memperkuat proses pencernaan , di butuhkan makanan hangat, makanan yang di masak atau juga minuman hangat. masuknya air Es bagi kita akan memadamkan proses panas yang sebenarnya di bbutuhkan oleh tubuuh kita.
    Dampaknya bila kita minum es/dingin menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh kita.
  2.  Mempersempit usus
    keseringan meminum air es/dingin akan menyebabkan dinding usus menyempit. sehingga penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus terganggu. Suhu es akan bisa menyebabkan pembekuan partikel-partikel makanan yang berminyak yang telah kita konsumsi. Akan terjadi penumpukan lemak di bagian saluran usus sehingga terjadi penyempitan usus. akibatnya akan mempperlambat pencernaan kita dan menganggu proses pencernaan secara luas akan terganggu loh. dan jangan anda keseringan meminum air es/dingin.
  3. Sebaiknya tidak meminum es sehabis olah raga
    di Saat kita berolahraga, maka otot akan tegang, suhu tubuh akan lebih panas dari suhu normal, sementara dalam tubuh sedang terjadi proses pembakaran lemak. Ketika air dingin/es masuk maka akan terjadi perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba yang berakibat  terganggunya proses metabolisme tubuh. dan anda lebik baik mengkonsumsi air yang biasa jangan yang dingin dan jangan panas.
  4.  Menyebabkan rasa haus berlebih
    Di saat kita mengkonsumsi air dingin/es maka rasa haus kita akan lebiih terasa lagy. Hal ini terjadi karena air dingin akan menyebabkan  tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Rasa haus adalah indikator bahwa tubuh kita kekurangan cairan yang harus segera kita penuhi, dengan cara menggantinya dengan minum air suhu kamar biasa.
  5. Membuat perut kembungAir es/dingin akan membuat suhu tubuh menyesuaikanatau sebaliknya dengan makanan yang masuk. Meminum es akan mengubah irama kerja organ di dalam perut kita.
    Selaput lendir di lambung akan kontraksi (mengerut). dan Efek lanjutnya perut otot terasa kraam atau kejang. Enzim dan cairan lambung akan bereaksi terhadap suhu dingin tersebut. Timbul gas dalam perut yang bisa membuat perut kembung.
 

1 Komentar:

Pada 19 April, 2019 , Blogger Miliana mengatakan...

lebih baik minum air hangat atau yang biasa saja yah

berita internasional militer

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda